sendi dan kekauannya

 Pernah ada orang yang menghampiri saya dan bertanya dimana bisa memperoleh obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk?. Lalu antara bingung dan ragu saya menjawab tidak tahu. 

Udah gak ngeri banget, ya sudah dijawab  begitu. Saya hanya tukang nyapu jalan kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. Entah, gak mudeng sama sekali. 

tapi satu pekan setelah itu saya bertemu dengan seorang kawan dokter. namanya zana. Kami pertama kali akrab saat dulu di jakarta. Dia orang minang. 

zana seorang dokter di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia seorang tenaga kesehatan yang bisa saya tanya tentang apapun terutama tentang sendi. 

Katanya, sendi adalah bagian penting bagi manusia. tanpa adanya sendi, akan sangat susah bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa hambatan. tidak mengalami sakit ketika menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, sebab ada pelumas bernama cairan sinovial pada sendi yang memiliki fungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita tidak ada hambatan dan tidak ada keluhan sama sekali. 

kemudian saya tanya lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, sedikit saja kekurangan bisa menyebabkan sakit luar biasa lebih - lebih tidak ada. 

Itu mengapa sendi mempunyai peran yang vital. saat sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah mengalami cedera atau radang, rasanya pengen istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

dan benar saja saat sendi mengalami peradangan, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. mau apa saja susah dan terkendala. 

macam - macam kendalanya, ada yang mampu beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa bergerak tapi terbatas. ada yang karena aktivitasnya terganggu total. geraknya sedikit sekali dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Karena mau apa juga bingung. hanya di tempat. semua serba terbatas. gerak pun tidak nyaman. 

 

dan begitulah peran penting sendi. ternyata sendi mempunyai banyak hal penting untuk diri kita. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena fungsi sendi kita sesuai tanpa kurang apapun. 

Dengan sendi yang baik ada begitu hal luar biasa yang bisa kita lakukan. pengen pergi kemana ayo saja. 

yang penting sendinya sehat. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak mau diajak kerjasama. yang seharusnya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya akan memperkenalkan zana dahulu. Dengan latar belakangnya medis, saya yakin membantu banyak orang. 

Zana orang yang supel. awal kali bertemu, orangnya grapyak dan lembut ketika senyum merekah. Lebih lagi lagi sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya merdu dan menyejukkan. Kalau sudah berbicara, seperti angin yang menyapu wajah kita, adem dengernya. 

Wajah zana cantik sekali seperti terangnya cahaya bulan saat purnama. seterang itu tapi tidak menyilaukan. Dipandang menentramkan, semakin dipadang semakin bergejolak rindu, semakin tinggi kenangannya, semakin pula melibatkan hati yang ikut meleleh. 

Sentuhan tangannya lembut, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika menggapai punggung tangan, seolah meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Suka menderma orang kesusahan, lalu dari tangannya akan memberi tidak seberapa tapi amat berharga 

Kembali ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Ada banyak hal yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan pada kesempatan ini kita akan mengupasnya sebagian. 

Dan penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah kena radang sendi? Kalau pernah sakit sendi hanya saja bingung apakah sakit yang dialami ialah sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa simak pemaparan kawan saya ini berikut. 

Peradangan sendi biasanya mengakibatkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya sakit seperti senut - senut. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Radang sendi bisa terjadi kepada siapa saja. Baik tua, muda dan yang lemah maupun kuat tetap mempunyai resiko mengalami peradangan sendi. 

Umumnya menyerang yang telah menginjak usia lanjut dan mempunyai pekerjaan berat. 

Yang usianya sudah sampai lanjut berarti orang tua yang usianya sudah diatas 50 tahun keatas. Jika tidak dijaga keseimbang bisa terkena radang sendi. 

Orang tua biasanya mudah terpeleset. Entah karena hal sepele atau karena daya keseimbangannya yang mulai menurun, akan tetapi mereka sangat mudah mengalami radang sendi ini. 

Selain orang tua, orang yang melakukan aktivitas berat juga punya potensi terkena radang sendi ini. Contoh sederhana orang yang menjadi atlet angkat besi. 

Terbayang tidak mereka angkat berat segede itu yang bebannya bisa mencapai ratusan kilo tapi mengangkatnya pun tanpa alat dan cuma pakai tangan kosong. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya alih alih justru menyebabkan radang sendi. Dan kalau benar kejadian rasa sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, ada juga olahraga lari yang beresiko terkena radang sendi. Saat berlari sangat mungkin tiba - tiba mengalami radang sendi. 

Orang yang suka main basket pun juga begitu, punya peluang tinggi terserang radang sendi. Untuk itu tetap perhatikan agar tidak terkena radang sendi. 

Karena kalau sudah terkena r adang sendi, rasanya sakit dan mudah kambuhan. Siapa pun pasti menolak jika terkena sakit yang mudah kambuhan. iya kan?

Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga bagian dari salah satu untuk mengobati sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang mendukung peningkatan dan perbaikan sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, aktivitas pun lancar tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, jika selama ini kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, maka kamu salah besar. ternyata makanan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan penyakit yang ada. 

Jika kita terlalu banyak makan makanan tersebut, ketika sendi kita sakit pun pasti perlahan akan semakin baik dan baik. Apa yang kita makan pasti terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk kenali apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Semoga setelah kamu mengetahui jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan kemudian begitu mengetahui makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk memakannya. Jika begitu, lalu apa tujuan tahu makananya itu baik untuk sendi?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan selalu berkeluh kesah seperti biasa kalau sendi sakit. sedikit - sedikit mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang sakit akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang mendukung nutrisi untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti jeruk, anggur, bluebery, strowebery dan macam - macam buah lainnya yang bagus untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari buah yang direkomendasikan. 

enak sebenarnya.. makan buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya ke ginjal juga mengkhawatirkan, dan lainnya

Buah - buahan itu juga mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti bisa ada banyak. Jika kamu tinggal di area pegunungan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Adapun buah lain dengan mudah ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena di dalam susu terkandung kalsium tinggi.

Terserah mau minum susu apa. mau susu kambing atau susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi bagi anda yang tidak tahan laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa dengan begitu pencernaan kita akan mudah menerima dan tidak menyebabkan diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, sebaiknya diberi susu kambing saja daripada susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk memperkuat tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

tidak perlu bingung cara memperoleh vitamin D karena bisa di dapat dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D diambil dari sinar matahari. murah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, kemudian biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik mendapat vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itulah diantara tips untuk mengatasi keluhan sendi. sebelum mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk di apotik serta obat untuk keluhan sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "sendi dan kekauannya"