cara sembuhin sendi

Pernah ada orang yang mendatangi saya dan bertanya dimana mencari obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk?. Saya tidak ngerti, malah bingung ditanya begitu. 

Sampai Kemudian saya jawab tidak tahu karena memang saya tidak tahu sama sekali. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. tidak tahu hal seperti itu. 

tapi satu pekan setelah itu saya bertemu dengan teman saya yang dokter. namanya zana. Kami bertemu di Jakarta dulu. Dia orang padang. 

zana seorang tenaga medis di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia seorang tenaga kesehatan yang bisa saya tanya tentang apapun terutama tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. kalau tidak ada sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi berfungsi sebagai penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita bisa bergerak bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit ketika menekuk, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, sebab ada pelumas bernama cairan sinovial pada sendi yang memiliki fungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita tidak ada hambatan dan tidak ada keluhan sama sekali. 

lalu saya bilang lagi ke zana, “ Lalu bagaimana kalau cairan sinovial tidak ada?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, sedikit saja kekurangan bisa menyebabkan sakit luar biasa lebih - lebih tidak ada. 

makanya sendi mempunyai peran yang vital. saat sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, kayaknya pengen istirahat saja. pengen mager. 

memang benar saat sendi mengalami peradangan, tidak banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. pengen melakukan sesuatu kita kesulitan. 

macam - macam kendalanya, ada yang mampu beraktivitas karena ringan, maksudnya masih bisa melakukan sesuatu tapi geraknya tidak leluasa. ada juga yang benar - benar istirahat total. geraknya sedikit sekali dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Karena mau apa juga bingung. tidak bisa kemana - mana. semua serba terbatas. bergerak pun sakit. 

 

dan begitulah pentingnya sendi. rupanya sendi memiliki banyak hal penting untuk setiap kita masing - masing. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena tugas yang dijalankan sendi sesuai tanpa kurang apapun. 

Dengan sendi yang baik ada banyak hal yang bisa kita lakukan. pengen pergi kemana ayo saja. 

yang penting sendinya sehat. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak bisa diajak kerjasama. yang seharusnya kita bisa beraktivitas tinggi, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum mengupas sendi itu bagaimana, saya hendak cerita terlebih dulu tentang zana teman saya ini. Dengan latar belakangnya medis, saya yakin banyak orang terbantu dengannya. 

Zana orang yang supel. awal kali jumpa, orangnya grapyak dan lembut ketika senyum merekah. Lebih lagi lagi sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, jika berbicara seolah berbisik tapi jelas. suaranya empuk dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seolah angin yang menerpa wajah kita, nyess dengernya. 

Wajah zana cantik sekali seperti terangnya cahaya bulan saat purnama. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang meneduhkan, semakin dipadang semakin bertambah kangennya, semakin tinggi kenangannya, semakin harus hati yang merasakannya. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika bersentuhan tangan kami,, seolah menggapai sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Suka menolong orang kesusahan, lalu dari tangannya akan menghulurkan seberapa tapi amat berharga 

Kembali ke sendi, 

Apa Saja Penyebab sendi Sakit?

Ada banyak hal yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan pada kesempatan ini kita akan membahasnya sebagian. 

Dan berikut ini adalah penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? Kalau pernah sakit sendi tapi tidak tahu apakah sakit yang dialami bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu dapat mencari tahu penjelasan kawan saya ini berikut. 

Radang sendi umumnya menyebabkan bengkak dan ada sensasi panas di bagian yang radang. Rasanya campur aduk seperti nyut - nyutan. Seperti darah tidak mengalir dan hanya berkutat disitu saja. 

Radang sendi sangat mungkin dialami siapapun. Baik tua, muda dan yang lemah maupun kuat tetap memiliki resiko mengalami peradangan sendi. 

Biasanya terjadi kepada mereka yang telah menginjak usia lanjut dan memiliki aktivitas berat. 

Yang usianya sudah sampai lanjut berarti para lansia yang ada diatas 50 tahun keatas. Jika tidak dijaga keseimbang bisa terkena radang sendi. 

Orang tua biasanya mudah terpeleset. Bisa jadi karena sesuatu remeh atau karena daya keseimbangannya yang mulai menurun, Dan juga mereka sangat mudah mengalami radang sendi ini. 

Selain orang tua, mereka yang mengerjakan aktivitas berat juga memiliki peluang terkena radang sendi ini. Contoh sederhana mereka yang berolahraga di cabang atlet angkat besi. 

Terbayang tidak mereka angkat berat segede itu yang capaian bebannya hingga ratusan kilo tapi diangkat tanpa bantuan dan cuma pakai tangan saja. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya alih alih justru menyebabkan radang sendi. Dan kalau benar kejadian rasa sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, ada juga olahraga lari yang beresiko terkena radang sendi. Saat berlari bisa mendadak mengalami radang sendi. 

Pebasket juga begitu, punya potensi besar terkena radang sendi. Untuk itu tetap perhatikan supaya terhindar dari radang sendi. 

Karena kalau sudah terkena r adang sendi, sakit tak tertahankan dan mudah kambuhan. Siapa pun pasti menolak jika menderita sakit yang mudah kambuhan. iya kan?

Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga bagian dari salah satu untuk mengatasi sendi. 

Misal dalam waktu lama kita konsumsi makanan yang mendukung peningkatan dan perbaikan sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir kalau makanan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. nyatanya apa yang kita makan sangat memiliki dampat terhadap perkembangan penyakit yang ada. 

Jika kita terlalu banyak konsumsi makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun secara bertahap akan membaik dan terkondisikan. Apa yang kita makan pasti mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk ketahui apa saja makanan yang baik untuk sendi. Semoga setelah kamu mengetahui jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan sampai sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Jika begitu, lalu apa tujuan tahu makananya itu baik untuk sendi?. Nanti jatuhnya sia - sia dan keluhan sendi pun akan semakin parah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan selalu berkeluh kesah seperti biasa kalau sendi sakit. sedikit - sedikit mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang sakit akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Dibawah ini makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti jeruk, anggur, bluebery, strowebery dan macam - macam buah lainnya yang bagus untuk sendi. Kamu bisa konsumsi rutin salah satu dari buah yang direkomendasikan. 

Senang banget.. makan buah tapi dapat dalam saktu waktu mengobati dan mencegah sakit sendi. Enak seperti itu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya mengkhawatirkan seperti ginjal dan hati

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Andai rumah kamu ada di lereng perbukitan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Untuk jenis buah yang umum bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Yang harus dikonsumsi berikutnya adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena di dalam susu terkandung tinggi kalsium.

Terserah mau minum susu apa. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja kayaa akan kalsium tinggi. tapi untuk yang alergi laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, sebaiknya diberi susu kambing saja dibanding susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, asupan vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat diperlukan tulang. Fungsi vitamin D untuk memperkuat tulang. 

 

Lalu dimana mendapatkan vitamin D?

jangan khawatir cara memperoleh vitamin D karena bisa di dapat dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D didapat dari sinar matahari. murah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit duduklah di halaman rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Cara terbaik menghasilkan vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itu tadi cara untuk mengatasi keluhan sendi. tidak perlu kesana - kemari mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk serta obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "cara sembuhin sendi"